“DIGITAL TALKING BOOK” UNTUK TUNANETRA

Posted by arifah.suryaningsih on Mar 26, 2014 in TEKNO |

Digital | Dimuat di Kedaulatan Rakyat, Senin 25 Maret 2014

Perkembangan dunia digital mampu memberikan berbagai macam kemudahan bukan saja bagi masyarakat kebanyakan, namun juga bagi para penyandang tuna netra. Kehadiran buku bicara atau Digital Talking Book (DTB) merupakan jawaban atas permasalahan mahalnya buku Braille yang dapat mereka miliki untuk mengakses berbagai macam informasi baik yang berhubungan dengan pendidikan, kebudayaan, maupun pengetahuan-pengetahuan lain.

Informasi audio (file audio digital) dalam DTB, disusun sedemikian rupa secara bertingkat sesuai dengan levelnya menurut format/standard DAISY (Digital Audio based-Information System), berdasarkan struktur buku aslinya. DAISY menempatkan bab pada level yang paling tinggi dan menempatkan paragraf pada level paling rendah, dengan cara memberikan kode-kode tertentu yang dapat dibaca atau dimengerti oleh player.

Kita dapat menggunakan Software Obi 3.0.1 yang baru saja dirilis pada 31 Desember 2013 yang lalu untuk dapat menghasilkan sebuah DTB (ataupun menggunakan versi sebelumnya). Software ini dapat kita dapatkan secara gratis dengan mengunjungi http://www.daisy.org/obi . Siapapun dapat menjalankan, memodifikasi dan mendistribusikannya, karena Obi  dapat diproduksi secara rumahan maupun produksi skala besar. Obi versi teranyar ini mampu menggabungkan beberapa proyek. Kita dapat membuat bagian-bagian dari sebuah buku pada workstation yang berbeda dan kemudian menggabungkan mereka bersama-sama. Selain itu kita dapat menyimpan entri metadata dari sebuah proyek sebagai metadata umum dan menggunakan kembali mereka di seluruh proyek.

Pembuatan DTB ini diawali dengan menjalankan Obi, selanjutnya pengguna menyusun struktur naskahnya yang menyerupai Table of Content pada aplikasi Microsoft Word. Setelah seluruh naskah tersusun dalam jendela session. Maka langkah selanjutnya adalah memasukkan file-file hasil rekaman pembacaan naskah yang telah dipersiapkan dalam format mp3 ke dalam setiap section atau bab maupun sub bab yang telah dirancang. Walaupun Obi 3.0.1 menyediakan juga fasilitas untuk merekam suara, namun tentu saja kurang optimal. Sehingga direkomendasikan untuk melakukan perekaman hasil pembacaan naskah dengan menggunakan software khusus pengolah suara, seperti Adobe Auditon, ataupun software pengolah suara lainnya.

Obi 3.0.1  dapat berjalan pada Sistem Operasi Windows XP (SP2 dan sesudahnya), pada Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8. Diperlukan juga NET framework 2.0, DirectX 9 c dan java runtime environment 6.0 +. Untuk mengakses dokumentasi lebih atau tahu tentang perangkat masa depan serta permasalah yang ingin diketahui, silahkan kunjungi situs pengembangan Obi di http://daisy.trac.cvsdude.com/obi.

Peningkatan produksi DTB tentu saja akan sangat membantu para penderita tuna netra dalam rangka kemudahan akses informasi bagi mereka. Kemudahan dalam pembuatannya memungkinkan beberapa SMK bidang Multimedia ataupun Broadcasting untuk dapat memproduksi DTB ini dengan mengembangkannya melalui pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

*Arifah Suryaningsih, Guru Multimedia – SMK N 2 Sewon

Reply

Copyright © 2017 fafa arifah's blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek.